Kamis, 25 Desember 2014

CARA BELAJAR YANG EFEKTIF

Untuk menambah wawasan dan kemampuan diri maka setiap orang diharuskan untuk banyak belajar. Akan tetapi belajar bisa menjadi tidak efisien jika metodenya kurang tepat. Terlebih jika ada banyak materi yang harus dipelajari. Tentu dibutuhkan cara belajar yang efektif. Untuk itu agar mendapatkan hasil optimal dari proses belajar kita ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti berikut :


  1. Tentukan Waktu Belajar Kita
    Coba pikirkan kapan anda bisa belajar dengan nyaman hari ini. Pemilihan waktu yang tepat ialah saat anda dalam kondisi benar fresh dan rileks, semisal seusai mandi sore. Kondisi seperti ini membuat pikiran siap untuk menyerap materi yang akan kita pelajari. Jangan pernah belajar di kondisi stres fisik tinggi seperti sedang berkeringat atau habis melakukan aktifitas berat karena pikiran akan tegang dan sulit menyerap materi pelajaran.
  2. Belajar Secara Teratur
    Hanya sekali belajar saja terkadang tidaklah cukup. Maka dari itu belajarlah secara teratur setiap hari dan usahakan waktunya selalu sama. Semisal anda selalu memulai membaca buku pelajaran pada jam 8 malam setiap harinya.
  3. Istirahat Sejenak Ketika Pikiran Mulai Tegang
    Rilekskan pikiran sejenak. Jika anda menulis atau mengetik maka lemaskan jemari anda dengan peregangan kecil. Anda bisa mendengarkan musik kesukaan anda atau hanya sekedar duduk santai didepan kipas angin.
  4. Sediakan Air Putih Ketika Belajar
    Otak adalah bagian tubuh yang mengkonsumsi energi paling besar yaitu sekitar 40% dari total keseluruhan. Maka dari itu belajar dan berpikirpun dapat membuat kita lelah dan dehidrasi. Untuk itu menyediakan air putih saat belajar sangatlah penting agar ketika dehidrasi atau lelah kita bisa meminumnya untuk mengembalikan cairan tubuh.
  5. Jangan Belajar Ketika Sakit
    Ketika kondisi tubuh tidak sehat, maka otak akan secara otomatis mensugesti / mengintruksikan tubuh agar beristirahat. Memaksakan diri untuk belajar disaat seperti ini hanya akan memperburuk kondisi tubuh tanpa ada hasil optimal dari belajar tadi. Untuk itu ketika sedang sakit sebaiknya kita beristirahat saja.

  6. Intens Mempelajari Pelajaran Favorit Kita
    Mempelajari materi tertentu yang kita sukai akan lebih mudah diserap otak karena pikiran kita memang sangat ingin tahu tentang hal itu. Kita memang tak bisa menjadi expert dalam segala hal. Oleh sebab itu pelajarilah suatu materi yang kita sukai secara intens. Dengan begitu meskipun kita tidak mampu menguasai semua pelajaran dengan baik tapi paling tidak kita bisa menjadi expert disuatu pelajaran yang kita pelajari dengan intens.

  7. Kondisikan Tempat Belajar Yang Nyaman
    Cari lokasi belajar yang menurut anda paling nyaman entah di kamar, di sofa, dll. Setelah itu atur tempat belajar kita serapi mungkin agar kita merasa nyaman saat belajar. Hindari bebauan yang tajam dan suara yang bising. Usahakan pilih tempat yang sirkulasi udaranya baik (tidak pengap) dan memiliki pencahayaan yang cukup. Jangan belajar di tempat yang kurang pencahayaan atau malah terlalu terang karena akan cepat membuat mata lelah.
  8. Mengerjakan Soal-Soal Latihan
    Untuk mempertajam pemahaman mulai mengerjakan soal latihan merupakan cara yang efektif. Selain itu juga dapat kita jadikan tolok ukur sejauh mana pemahaman kita terhadap materi yang sudah kita pelajari.
  9. Penuhi Asupan Nutrisi Tubuh Sebelum Belajar
    Untuk berpikir kita membutuhkan banyak energi. Sedangkan energi itu sendiri didapat tubuh dari asupan makanan kita. Oleh karena itu sebelum belajar pastikan kita sudah makan dan minum terlebih dahulu. Bahkan usahakan untuk memakan makanan yang banyak mengandung nutrisi terutama nutrisi untuk otak. Jangan belajar saat perut sedang lapar karena dapat memicu stres tubuh parah yang berujung sakit.

  10. Membuat Catatan Kecil Atau Ringkasan Materi
    Biasakan untuk membuat catatan kecil atau ringkasan materi setiap usai belajar. Dengan menulis kembali ringkasan materi tadi sama halnya kita telah mempelajari ulang materi tersebut (dua kali belajar). Selain itu catatan tadi juga akan memudahkan kita jika kelak kita butuh mempelajari materi tersebut secara singkat. Tidak perlu mencatat ringkasan dari keseluruhan materi yang baru kita pelajari sekaligus. Mungkin hanya meringkas sebagian materi saja, yang terpenting ada yang diringkas (ditulis ulang) tentang poin-poin penting dari materi tadi.

    Demikianlah artikel singkat dari saya mengenai cara belajar yang efektif. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi para pembaca sekalian. Ada kurang lebihnya saya minta maaf.

Baca juga AGAR HIDUP MENJADI TENANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar