Jumat, 16 Januari 2015

MANFAAT MINUM AIR PUTIH



Air memiliki banyak manfaat, yakni untuk diminum, mandi, cuci, menambah kesuburan pohon, dll. Untuk manusia sendiri minum merupakan kebutuhan yang vital bagi manusia karena 90% tubuh manusia mengandung air. Manfaat air bagi tubuh manusia diantaranya ialah :
  • Memperlancar Sistem Pencernaan,
  • Memperlancar proses distribusi nutrisi,
  • Memperlancar proses pengeluaran zat sisa,
  • Produksi kelenjar tubuh
  • Memperlancar metabolisme energi
  • Menstabilkan suhu tubuh
  • Menjaga konsentrasi dan kesadaran
Oleh karena itu manusia cenderung bisa bertahan lebih lama tanpa asupan makanan daripada tanpa asupan cairan.
Haus adalah reaksi pertama dari tubuh ketika tubuh mulai kekurangan cairan. Jika terus dibiarkan maka dapat mengakibatkan dehidrasi yang membuat suhu tubuh tidak stabil bersamaan dengan turunnya konsentrasi dan kesadaran.
Betapa pentingnya kesadaran untuk selalu mensuplai asupan cairan bagi tubuh kita. Namun meski demikian tidak semua jenis cairan baik bagi tubuh.  Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sehingga air tersebut dapat dinyatakan layak konsumsi. Berikut beberapa kriteria air layak konsumsi :

  1. Persyaratan Fisik
    Persyaratan fisik yang harus dipenuhi pada air minum yaitu harus jernih, tidak berbau, tidak berasa dan tidak berwarna. Sementara suhunya sebaiknya sejuk dan tidak panas. Selain itu, air minum tidak menimbulkan endapan. Jika air yang kita konsumsi menyimpang dari hal ini, maka sangat mungkin air telah tercemar.
  2. Persyaratan Kimia
    Dari aspek kimiawi, bahan air minum tidak boleh mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi serta logam berat (misalnya Hg, Ni, Pb, Zn,dan Ag) ataupun zat beracun seperti senyawa hidrokarbon dan detergen. Ion logam berat dapat mendenaturasi protein, disamping itu logam berat dapat bereaksi dengan gugus fungsi lainnya dalam biomolekul. Karena sebagian akan tertimbun di berbagai organ terutama saluran cerna, hati dan ginjal, maka organ-organ inilah yang terutama dirusak
  3. Persyaratan Mikrobiologis
    Bakteri patogen yang tercantum dalam Kepmenkes yaitu Escherichia Colli, Clostridium Perfringens, Salmonella. Bakteri patogen tersebut dapat membentuk toksin (racun) setelah periode laten yang singkat yaitu beberapa jam. Keberadaan bakteri Coliform (E.Coli tergolong jenis bakteri ini) yang banyak ditemui di kotoran manusia dan hewan menunjukkan kualitas sanitasi yang rendah dalam proses pengadaan air. Makin tinggi tingkat kontaminasi bakteri coliform, makin tinggi pula risiko kehadiran bakteri patogen, seperti bakteri Shigella (penyebab muntaber), S. Typhii (penyebab Typhus), Kolera, dan Disentri.
 Nah.. Setelah mengetahui syarat air layak minum maka berikutnya ialah kita menentukan air minum yang menyehatkan untuk diminum.Air yang sehat untuk diminum tentunya air yang mengandung banyak mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Dan air putih merupakan air yang sangat baik dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat. Selain untuk proses metabolisme tubuh, air putih juga memiliki pengaruh baik bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat air putih bagi kesehatan tubuh manusia :
  • Menurunkan berat badan
Air putih tidak mengandung kalori dan bebas lemak. Ketika sedang dalam usaha untuk menurunkan berat badan, seringkali kita lupa untuk mengurangi minuman berkalori seperti soda. Dengan minum air putih dan menghindari minuman berkalori dapat menjaga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penambahan asupan kalori yang berasal dari minuman.
  • Meningkatkan kesehatan tulang
Air putih atau air mineral mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh, termasuk kalsium yang berfungsi sebagai nutrisi bagi tulang.
  • Menurunkan tekanan darah
Magnesium yang terdapat pada air mineral atau air putih memiliki peran penting dalam mengontrol tekanan darah dalam keadaan normal.
  • Menurunkan kadar kolesterol LDL
Konsumsi air mineral yang cukup dapat menurunkan kadar kolesterol LDL serta kadar kalium dan magnesium yang terkandung di dalam air mineral dapat menjaga fungsi jantung.
  • Menjaga keseimbangan elektrolit
Elektrolit terdiri dari garam atau ion (bikarbonat, klorida, kalium dan natrium) yang dapat mencegah tubuh dari dehidrasi dengan membantu sel tubuh menyerap air.Air putih atau air mineral mengandung banyak elektrolit yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.
  • Mengurangi risiko batu ginjal
Mengonsumsi air putih atau air mineral yang banyak dapat mencegah batu ginjalkarena kandungan kalsium dan magnesiumnya dapat mencegah terbentuknya batu ginjal kalsium oksalat.
  • Menjaga kesehatan kulit
Mengonsumsi air putih yang banyak dapat menjaga kelembaban kulit dan memperlambat proses penuaan pada kulit.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar